Toxoplasma Timbulkan Cacat Pada Bayi

virus-kucing.jpg

Hati-Hati Toxoplasma

Banyak rumor beredar wanita hamil dilarang mendekati apalagi memelihara kucing. Sebab hewan yang satu ini disenyalir daapt menularkan toxoplasma. Toxoplasma merupakan salah satu jenis penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia). Penyakit ini disebabkan oleh protozoa yang bernama Toxoplasma gondii. Jadi Toxoplasma tidak disebabkan oleh virus. Toxoplasma gondii parasit di usus kucing, kemudian berkembang bisak secara seksual dan telurnya akan keluar bersama tinja kucing.

Toxoplasma gondii yang keluar bersama tinja kucing berpotensi menginfeksi kucing lainnya maupun manusia. Telur Protozoa ini mampu berkembang menjadi stadium infektif (mengifeksi kucing dan manusia) dalam waktu 48 jam.

Seekor kucing yang terserang toxoplasmosis mengeluarkan telur (ookista) toxoplasma pada waktu tertular untuk pertama kalinya. Ini berlangsung beberapa hari saja. Ookista ini keluar dari tubuh kucing yang sakit bersama kotorannya (feces). Jadi hanya kucing sakit akibat terserang toxoplasmosis saja yang kotorannya mengandung berjuta-juta telor toxoplasma.

Ookista yang ada dalam kotoran kucing yang mengering akan terbang tertiup angin dan kemudian menempel pada rumput, daun, buah, batu, kayu, tanah dan tempat-tempat lain. Bisa juga pada saat turun hujan, kotoran kucing dengan ookista ini akan ikut aliran air dan menyebar ke segala penjuru. Ookista ini mampu bertahan hidup hingga 18 bulan dalam tanah. Kemudian hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, kerbau, juga burung dan tikus memakan rumput, daun, buah, air, atau apa saja yang tercemar oleh telur toxoplasma. Bulu kucing tidak dapat menularkan toxoplasma bila tidak hinggap di kotoran kucing yang menderita toxoplasma.

Manusia juga dapat tertular toxoplama. Penularan itu biasanya terjadi lewat makanan. makanan yang tidak dimasak dengan benar. Kista yang berada dalam jaringan tubuh hewan dapat masuk ke tubuh hewan lain dan manusia.Toxoplasma menyerang sistem pertahan tubuh manusia. Wanita memiliki resiko tinggi menderita penyakit toxoplasma. Ini terjadi, karena wanita setiap bulannya mengalami menstruasi. Pada masa ini imun tubuh wanita menurun, bagi Toxoplasma gondii ini merupakan situasi dan kondisi yang menguntungkan, karena telur Toxoplasma gondii akan berkembang dengan cepat.

Akibat yang ditimbulkan bila seseorang terinfeksi toxoplasma: radang hati, radang, otot jantung atau kerusakan sistem syaraf pusat. Sedangkan bagi wanita hamil mengakibatkan terjadinya keguguran, sedangkan pada bayi yang terifeksi saat dalam kandungan akan mengalami cacat fisik dan mental atau gangguan syaraf pusat.<

Kondisi penderita penyakit toxoplasma semakin memburuk bila kondisi fisiknya sakit, sehingga kekebalan tubuh semakin menurun, kekurangan gizi, dan dalam keadaan stress. Gejala umum toxoplasma seperti demam, nafsu makan menurun atau gejala seperti sakit flu. Untuk mendeteksi adanya infeksi toxoplasma dalam tubuh dengan cara pemeriksaan antibodi. Laki-laki berpotensi menderita toxoplasma bila tidak memelihar kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan baik.

Bagi Anda yang memelihara kucing, untuk meminimalisir terinfeksi toxoplasma agar selalu memperhatikan sekalu satitasi kucing. Sebaiknya juga memberi makanan serta minuman yang telah dimasak. Jangan biarkan kucing berburu tikus atau burung liar. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Usahakan menyediakan tempat khusus bagi kucing yaitu kotak berisi pasir kering untuk membuang kotoran dan air kencingnya. Setiap dua hari sekali tempat tersebut diganti atau dibuang tapi sebelumnya harus disiram dengan air panas atau dibersihkan dengan disenfektan dengan tujuan membunuh telur toxoplasma.

Namun, hal yang terpenting ialah selalu memperhatikan kebersihan pribadi dan sanitasi lingkungan. Makanan harus selalu dimasaka matang dan hindarilah memakan daging mentah. (Rahmadanil)

8 Tanggapan

  1. Bagi saya kucing memiliki arti penting dalam kehidupan saya..secara tidak langsung mereka memberi hiburan pada saya..apalagi saat mereka mengajak saya bermain..entah menggigiti jempol kaki saya,atau bahkan mengikuti saya kemana saya berjalan..ikut mengantar saya ke kantor..walaupun hanya berdiam di dalam mobil..kehawatiran saya terhadap toxoplasma agak reda dengan adanya tulisan kamu..tengkyuu ya…

  2. terima kasih atas informasinya. kebetulan saya punya keponakan yang kata dokter dia terkena virus toxoplasma, sampai sekarang dia masih belum bisa mengkoordinasikan gerak tubuhnya, dia berumur hampir 2 tahun yang pada umumnya pada umur ini bayi sudah dapat berjalan dan mengkoordinasikan gerak tubuh, tapi keponakan saya belum bisa. untuk sementara keponakan saya menjalani terapi ke penyembuhan alternaif, tetapiperkembanganya belum seberapa kelihatan.
    mungkin ada yang bisa membantu atau menginformasikan tentang cara penyembuhan penyakit yang menyerang keponakan saya?
    saya ucapkan terima kasih mungkin ada yang bisa membantu.
    terima kasih sebelumnya

    fajar
    telp 03171072950/08121634173

  3. kakak saya positif terkena toxoplasma mencapai angka 117 (yang normalnya angka 4)…jauh seka;li selisihnya…mungkin ada yang punya informasi penyembuhan toxopalasma saya sangat berterima kasih sekali..

  4. dear ruri, penyakit toxopalasma dapat di sembuhkan dengan cara mennyuntikan anti body, karna ada teman wanita saya yang terinfeksi toxsopalasma yang dapat memiliki anak. yaitu sebelum ia mengandung dinding rahimnya di bersihan dan si ibunya di suntik antik bodi. untk ruri jangan cemas penyakit toxso itu dapat di sembuhkan kok….Selamat berjuang..dan moga lekas sembuh..

    pesan saya, tetap sayangi kucing anda…dan jangan salahkan kucing anda, apabila anda terkena toxso maka saran saya vaksin kucing anda dulu ke dokter hewan terdekat sebelum anda pelihara…

  5. untuk ruri yang kakaknya terinfeksi toxoplasma,
    kemarin siang, senin, 26 mei 2008, saya yang sedang bosan dengan saluran tv swasta, menonton TVRI. Ketika itu (kebetulan) ada dialog interaktif tentang kesehatan dengan tema TORCH. di Indonesia, medis belum dapat memberikan solusi tuntas untuk TORCH (Toxoplasma, Rubella, citomegalovirus, herpes). pembicaranya adalah Terapis Ir. Juanda yang berdomisili di Bogor. mungkin anda bisa menghubungi beliau. beliau membuka cabang praktek di beberapa kota dengan jadwal-jadwal tertentu. anda isa membuka situs www. tentangtorch.com. atau di:
    Yayasan Aqutreat Therapy Indonesia Ir. H. Anda Juanda
    Kantor Pusat
    Komp. Perumahan Indraprasta
    Jl. Sutiragen IX No 6
    Bogor
    Telp: (0251) 341094
    Fax : (0251) 386461

    semoga info ini berguna dan kakak anda segera sembuh, beranak, dan berbahagia. amiin.

  6. mmm gmn mo ngmong ya..saya jg kena toxo,bhkn tingkatannya sdkt lbh tinggi dari kakaknya Ruri ( sekitar 2…),skrg sdg pengobatan,baru jalan 2 bln,jd msh 1 bln lg,dan itu membuat rncn prnkhn saya jd… oya, untuk sdri Ika sh,trmksh byk atas info nya, sepertinya bagus juga untuk dicoba..

  7. Aku punya kucing lucu banget di rumah. Kadang papaku sering nglarang ga boleh terlalu dekat dg kucing. tapi aku terlanjur sayang banget ma dia. Soalnya dia kurawat dari baru lahir….
    Tapi dengan adanya tulisan ini kekhawatiranku dg toxo mulai menurun…

  8. hmmm…toxoplasmosis…

    kebanyakan orang pasti langsung menyalahkan kucing..

    padahal si kucing yang ga tau apa2 juga belum tentu salah..

    faktanya si parasit Toxoplasma gondii pun ga cuman ada di kucing..

    penggemar sate kambing ato ayam pun harus hati2,,pastikan daging sate yang anda makan tu 100 persen mateng,, karena bisa kena toxo juga dari situ..

    lagian kucing rumah yang biasa dipelihara pun terjamin kan kebersihannya,,,??

    jadi,,,,jangan selalu menyalahkan kucing lagi yaph…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: