Kista Berujung Kematian, Segera Operasi !

kista.jpg

KISTA, momok mengerikan bagi kaum wanita. Sebagian besar wanita, mengsakralkan kista, dapat mengganggu kesuburan dan kehamilan. Kista merupakan pertumbuhan sel baru yang liar. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab penyakit yang menyerang organ kewanitaan. umumnya dokter berkesimpulan sementara, kista berhubungan erat dengan genetik. Wanita yang menderita kista bukan berarti tidak bisa hamil. dr Indra Anwar, speasialis kebidanan dan kandungan menuturkan bahwa penderita kista bisa hamil, karena setiap wanita memiliki sepasang ovariun. Bila salah satunya disfungi, maka yang satunya lagi masih berpeluang untuk hamil.

Bentuk fisik kista ada yang seperti anggur berdiameter 5 sentimeter. Kista terbagi dua, ada yang mengandung cairan kental dan ada yang tidak (dermoid). Kista mengganggu kehamilan apabila sudah berukuran besar mengakibatkan terjadinya emboli (penyumbatan) yang menyebabkan kematian. Kista dermoid keganasannya relatif lebih kecil. Kista yang mengganggu kehamilan atau rahim disebut juga dengan kista endometriosis. Kista ini dapat menghambat terjadinya pembuahan. Pasalnya kista endometriosis menyebabkan sel telur yang sudah matang lepas dan tidak tertangkap oleh fimbriea (ujung tuba fallopi).

Akibat lain yang ditimbulkan ialah adanya reaksi-reaksi yang menimbulkan kekebalan yang mengganggu fungsi sel telur, sperma, dan embrio. Kista endometriosis berbeda dengan kista indung telur. Kista endometriosis merupakan kista yang juga menyebabkan endometrium berada di luar rongga rahim. Sedangkan kista indung telur berisi cairan kental seperti gel (mucus) bisa juga cairan biasa (seours). Kista indung telur terbentuk karena adanya kelenjar-kelenjar yang berpotensi membentuk kista yang tidak bisa keluar lalu tertampung dan membesar. Meskipun penyebab pasti kista rahim belum diketahui secara pasti, hormon kesuburan wanita ditenggarai sebagai pemicu utama tumbuh suburnya kista ini.

kistarahim.jpg
Ksita Rahim

Gejala Penderita Kista Endometriosis
Adapun gejala wanita yang menderita kista endometriosis antara lain: nyeri haid hebat dan terus menerus, pembesaran di perut. Kadang-kadang, kalau masih kecil, belum teraba. Tapi, semakin besar, akan makin teraba seperti ada benjolan. Muncul gejala-gejala penekanan akibat pembesaran kista. Misalnya, ke depan menekan kandung kencing, ke belakang ke rektum. Akibatnya, muncul gangguan buang air besar dan buang air kecil. Pada mioma uteri, jika ukurannya besar, bisa menekan organ-organ sekitarnya. Jika kista bertangkai, bisa muncul nyeri perut tiba-tiba, bahkan muntah-muntah akibat tangkai kista yang terpuntir. Bisa juga membuat luas permukaan endometrium menjadi lebih tebal, sehingga haid jadi lebih banyak.

Operasi Solusinya

Jika kista ini sudah meradang adapun langkah yang harus ditempuh yaitu dengan operasi pengangkatan. Bila besarnya lebih dari 4 cm, karena di atas 4 cm, risiko untuk terpuntir besar. Besar kista di atas 4 cm bukan kista folikel. Kista folikel adalah kista yang pecah setiap menjelang masa subur. Kalau besarnya di atas 4 cm, biasanya kista fungsional. Pada saat haid, biasanya tidak ada folikel. Begitu saat haid ada massa, berarti kista fungsional.

kistarahim1.jpg

USg Kista Rahim

Hindari Fast Food

Kista tidak dapat dicegah karena terpaut pada genetis. Bukan berarti orang yang keluarganya tidak pernah menderita kista tidak akan dihampiri penyakit ini. Pola hidup sehat merupakan cara ampuh memimalisir tumbuhnya kista baik yang terpaut secara genetis maupun tidak. Bagi yang doyan mengonsumsi fast food (makanan cepat saji) mau mengalah dengan selera, karena mengandung hormon dan kolesterol yang memicu kista endometriosis. Begitu juga bagi wanita yang senang memakan makanan yang mengandung radikal bebas sebab meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan mengurangi imunitas tubuh. Penderita kista endometriosis tidak dilihat dari fisik melainkan dengan melakukan pemeriksaan dengan USG. (Rahmadanil)

About these ads

11 Tanggapan

  1. blog dengan info bagus. Keep on!

  2. aku di USG 3 bulan yang lalu dan diketahui ada kista ukuran 2×3 dan 3×2.tapi yang aku bingung selama ini kalau aku mens tidak pernah sakit hebat. sakit sih, tapi biasanya cuma pas awal2 mens sekitar 1-2 jam dan tidak menganggu aktivitas aku. samapi sekarang aku belum USG lagi..takut euy ama hasilnya…kira2 kista aku ini kista bahaya gak ya? oya, jadwal mens aku juga cukup teratur. Misalnya bulan ini mens tanggal 19, bulan depan mens tanggal 16 atau 17..kasih saran dongggg..plissss

  3. mama ku sakit kista .. dan kata dokter harus operasi… klo tidak mama akan meningal … tolong aku… bantu kami ini …

  4. Hi dewi..nasibku sama bgt sm dirimu!gmana skrg?ksh kbr ke aku dung?

  5. aku juga br sls oprasi kista, sebulan yang lalu aku usg ternyata aku mengidap kista dgn ukuran 6×7 cm n dokter menyarankan untuk langsung oprasi n ini hari ke 10 stlh oprasi, n ternyata setelah diangkat kistannya malah ukurannya gede yakni 11 cm, hmmm klo disarankan harus dioprasi emang sebaiknya diangkat karena takut kistanya itu pecah n itu akan lbh bahaya lagi tp klo msh ukuran 2 atau 3 cm mgk msh bs menggunakan pengobatan alternatif dicoba aja tp tetap di kontrol ya dgn usg misalnya biat tau ada pengaruhnya ga pengobatannya teraebut
    makasih,

  6. aQ baru tau kalo kista bisa d rahim juga. aQ mw nanya buat yang ngalamin kista. ap rasanya seperti hamil ato g???trus apakah dengan jadwal mens jadi teratur ato g???
    aQ g tau aQ sakit ap, yang jelas 4blnn ini mens aQ cuma 2-4hari, n bulan ini mens aQ kerasa nyeri yang sakit bgt. padahal aQ g pernah gitu. n kalo dipegang kerasa nyeri n dy bisa pindah2. yang jelas aq bukan hamil. cZ aQ uda tes urin k lab.aP aQ juga kena kista??? bantu aQ yach… aQ g berani ke dokter…

  7. aku pernah di USG dan dokter bilang ada kista 6 cm, tapi dokter bilang kista aku gak usah dioperasi dan masih bisa diobati dan klo mau sembuh aku disarankan segera cepat nikah dan punya anak dan dengan sendirinya kista akan hilang karna bila nanti hamil tdk mengalami mestruasi. Jika aku menstruasi sakitnya bukan main pada hari pertama dan ke dua dan untuk menghilangkan rasa sakit aku minum obat mefinal 500 dalm satu hari 4 tablet. menstruasi aku lancar dan paling lama 7 hari dan selama itu klo sakit aku minum obat , berbahayakah ? tolong kasih saran dong……

  8. aq punya kista dari kelas 2 smp, dulu dibilanginnya sekitar 7 cm dan kata dokter harus segera dioperasi (padahal, aq setiap “dapet” SELALU TERATUR dan ga pernah sakit sama sekali) itupun ketauannya karena aq di USG disangka usus buntu. dan skg udh nikah bisa hamil alhamdullilah….
    kata dokter seh hampir 70% wanita mengidap kista di indonesia.

  9. mbak2 yg baik coba lihat2 soal penyembuhannya di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1033196

  10. aduuh..sya prnah kna pnykit kista.
    bsar nya sdah 8cm .
    tpi untung sdah d angkat.
    pdhal sya msh brumur 13th.
    trnyta kista jga bereaksi d dlam rhi m.
    ksta trkdang mengikat usus sya.
    sya pun g kuat mnahan skit nya.
    tp , ap bner sel tlur sya d ambil ?
    ada yg blang kista akn tmbuh lagi…
    apa bner??

  11. nasib qt sm y kista.. o.. kista (nakutin),gr2 km q jd k’ggran saat janinq 6 mgg (19/12/07),wkt it dh 4,8cm kt Dr hrs operasi,tp alhdll skrg dh ilg,q b’obt altrnf,skrg dh 9bln smbh,kpn y q hml lg,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: