Biarkan Tuhan Memilihkan untuk Mu

Judul : Dahsyatnya Istikharah: Rahasia Memilih Cepat dan tepat
Pengarang : Ayi Yunus Rusyana
Penerbit : DAR! Mizan
Cetakan : Pertama, Pebruari 2007
Ketebalan : 136 halaman

Pernahkah Anda dihadapkan pada dua pilihan yang meragukan? Pilihan yang dihadapkan pada Anda adalah pilihan yang ingin diraih keduanya, tapi salah satunya harus dikorbankan. Anda bak orang ditengah dua persimpangan jalan. Di saat itulah hati ini mendua. Kedua pilihan tersebut rasanya mantap dan tepat. Namun, dibenak masih menggelayut rasa bimbang.

Inilah yang terkadang menjadi ganjalan dalam penyelesaian masalah. Beragam polemik yang menimbulkan kebimbangan untuk memilihnya, hal-hal seperti ini banyak ditemui pada masalah yang klise, seperti: mereka yang memilih jodoh, bingung menerima dijodohkan orangtua atau memilih pasangan menurut selera sendiri; menerima tawaran karir yang dilayangkan oleh sebuah perusahaan. Menerima tawaran tersebut meskipun bekerja dengan insentif yang minim daripada tidak bekerja sama sekali; bahkan yang sering terjadi bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Bingung memilih perguruan tinggi negeri mana yang is the best dan bergengsi, yang tak lama lagi dibuktikan dengan diselenggarakannya SPMB.

Pilihan yang dijatuhkan sangat berpengaruh dan menentukan terhadap apa yang akan Anda lakukan ke depannya. Banyak cara yang dilakukan untuk menyakinkan pilihan tersebut. Salah satunya adalah dengan melengkapi literatur (baca hal: 85), menggali informasi sebanyak-banyak seputar permasalahan yang mengganjal dalam pilihan. Berkonsultasi bersama orang yang telah mengalami hal yang demikian atau yang memiliki kemampuan lebih dalam hal itu. Tapi tak semua paparan, kritik dan saran yang diberikan konsultan cocok dengan keinginan. Kemungkinan besar adanya celah kontradiksi argumentasi yang akan lebih memusingkan Anda sendiri.

Dalam Islam, salah satu alternatif yang mujarab, untuk keluar dari polemik semacam ini adalah shalat sunat Istikharah. Istikharah notabenenya meminta petunjuk pada Yang Maha Bijaksana terhadap pilihan yang masih diragukan. Ini biasanya dilakukan pada problem yang krusial. Di sisi lain, salah satu keutamaan shalat Istikharah adalah memohon kepada Allah, swt untuk dipilihkan pilihan yang terbaik, karena intervensi Allah sejatinya adalah pilihan yang Is the best dan pasti. Meskipun pilihan tersebut terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan, tapi itulah yang terbaik buat kita yang telah digariskan oleh Allah.

Ayi Yunus Rusyana, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati memaparkan secara gamblang akan kebimbangan kita yang sering berhadapan dengan pilihan-pilihan yang vital lagi krusial. Kebingungan yang sering berkutat pada seseorang dalam mempositifkan pilihan. Dalam bukunya ini penulis menyibakkan tabir keutamaan shalat sunat Istikharah.Seberapa pentingnya Istikharah dalam mengukuhkan pilihan. Di samping kepiawainnya dalam menyetting bahasa, penulis juga memberikan planning draft untuk membangkit semangat setelah membaca buku ini. Sebagai tolok ukur bagi kita, buku ini juga dilengkapi dengan lampiran kisah orang-orang yang sukses berkat ketaatannya melakukan Istikharah.

Dahsyatnya Istikharah, memberikan tips-tips prosesi Istikharah yang sebenarnya. Penulis juga memberikan tips ampuhnya “4 langkah cerdas + 1” yang relevan dengan tindak tanduk selama menunggu hasil dari Istikharah. Esensi buku ini lebih merujuk pada format remaja dari segi kebahasaan dan perlakuan penulis terhadap pembaca lewat buku ini. Untuk menguatkan ekstrinsiknya, Zaskia A. Mecca turut memberikan komentarnya. Setidaknya buku ini menjadi partner remaja sekaligus bimbingan agama.[] Rahmadanil, pencinta Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: