Condylura cristata, Pengendus dalam Air

Tikus, mamalia ini ternyata memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak terkira. Setelah sukses dengan kemampuannya untuk menemukan ranjau darat. Kali ini tikus bikin sensasi yang membuat para ilmua terkesima. Kemampuan tikus memang patut acungi jempol. Tikus mondok berhidung bintang (Condylura cristata) mampu mecium bau di dalam air Kemampuan untuk mencium bau di dalam air, menggeser posisi Lobster yang memiliki kemampuan seperti ini. Sungut yang mampu menangkap molekul-molekul bau di dalam air merupakan andalan Lobster.

Tikus mondok berhidung bintang merupakan satu-satunya mamalia yang pertama kali mampu mencium bau di dalam air. Neurobiolog dari Universitas Vanderbilt di Nashville, Tennessee, AS memaparkan, sangat mustahil sekali bagi golongan mamalia untuk mencium bau di dalam air. Khususnya mamalia yang habitatnya di darat.

Untuk membuktikan kebenaran ini, para neorobiolog langsung melakukan eksperimen. Mereka memasang kamera video yang dipasang pad dasar akuarium. Tikus mondok berhidung bintang ini diberi makan cacing. Maka terlihatlah bagaimana tikus mondok ini membaui makanannya. Untuk membaui cacing tersebut Condylura cristata mengeluarkan gelembung udara dari kedua lubang hidungnya. Gelembung udara yang dikeluarkan dihirup kembali. Ini dilakukan sebanyak sepuluh kali per detik. Hal initerus dilakukan hingga gelembung tersebut mendekati mangsa. Gelembung udara yang dikeluarkan guna menarik molekul-molekul bau dari sumber. Hasilnya menunjukkan 75-100 % kebenaran mamalia darat ini mampu mencium bau di zona yang belum pernah dilakukan oleh mamalia darat lainnya. (Nature, Rahmadanil, SMA Semen Padang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: