Menelikung Stres

Stress!!! Emang sich yang satu ini terkadang bersarang di kepala kita. Stress terjadi karena penumpukan masalah yang amat banyak di otak. Tak sanggup untuk menyelesaikannya satu-satu. Atau kamu lagi dapat masalah yang bikin kamu shock. Hingga kamu nggak biasa dapat nilai yang kamu anggap paling memalukan akhirnya kejadian deh.

Jangan ambil pusing. Hati-hati kalau mau stress. Sebaiknya kamu jangan sampai stress. Dan jangan biarkan stress kamu berlarut-larut. Sebelum kamu benar-benar mengalami stress yang berat, siapkan jurus ampuh penangkalnya. Seperti apa?Kamu pasti bisa merasakan dirimu mulai tertekanan. Jika tekanan ini mulai merasukimu segeralah untuk memberhentikan segala kegiatanmu dan bisikkan ke hatimu ‘tenang…tenang’. Seiring dengan itu, mulailah untuk mengatur irama nafasmu hingga kamu merasa sedikit nyaman. Fokuskan perhatianmu pada gerakan diafragma yang tengah bekerja. Mulai untuk meredakan ketegangan dengan melakukan sedikit senam kecil seperti menggerakan tanganmu melepas penat. Atau kamu melakukan peregangan dengan menggerakan tangan secara bergantian, kemudian angkat bahumu dan rasakan rileksnya.

P’Mailis cobalah untuk berlari-lari kecil tapi cepat. Ini bertujuan untuk melenyapkan efek buruk dari hormon stress. Dan bagaimana dengan yang ini, berteriak dan menjerit. Hmmm…ini mungkin banyak yang dilakukan oleh remaja-remaja yang lagi dihimpit oleh beban stress.

Dengan menjerit dan berteiak sekeras-kerasnya mungkin melapangkan masalaha yang menyesakkan dada. Pilihlah tempat yang membuat kamu enjoy. Seperti di pantai, di tepi tebing (tapi jangan loncat ketebingnya). Jikalau kamu-kamu gak suka berteriak takut suaranya jadi serak, apa salahnya untuk mencoba terapi esensial bunga.

Cukup dengan meneteskan sari bunga Bach Rescue Remedy, Jan de Vries Emergency Essence atau Australian Bush Flower Emergency Essence, ke lidah kamu. Bagi kamu yang suka dengan humor nontonlah film yang humor agar kamu bisa kembali tertawa.

Positive thinking aja, jangan terlalu mendramatisir masalah yang gak perlu kamu tanggapi. Buat P’mailis yang doyan dengarkan musik. Dikala stress melanda dengarkanlah musik yang paling disukai, yang membuat kamu tenang dan larut dalam alunan musik yang menghanyutkan stress kamu. Jangan merasa diri kamu lemah, tapi pertegaslah diri kamu untuk menghadapi. Seperti berani untuk mengatakan tidak untuk hal-hal yang mungkin menurut kamu nggak logis.

Dan mulailah untuk mengatur kegiatan kamu dengan planning waktu yang prioritas. At last, mengonsumsi makanan yang sehat alangkah lebih bagus untuk menghilangkan stress yang dibarengi dengan olahraga yang meminimalisir negative thinking. So, guys start now. Don’t stress more. Ok. (Rahmadanil, SMA Semen Padang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: