Skizofrenia yang Melelahkan

Judul buku : It’s My Solitaire
Penulis : Maya Lestari GF
Cetakan : Pertama, September 2005
Halaman : 240 hlm
Penerbit : DAR! Mizan

Trauma masa lalu dan latar belakang kehidupan Dean membuat ia menderita Skizofrenia. Dean terpaksa dirawat di rumah sakit. Secara psikologis Dean terlihat manusia normal. Akan tetapi ia dijebloskan ke rumah sakit. Karena Dean diduga abnormal dan sarah. Mengidap Skizofrenia melelahkan Dean. Ia harus mengonsumsi obat-obatan yang memuakkannya. Skizofrenia mengakibatkan Dean merasa ketakutan. Dan terkadang dihantui oleh suara-suara aneh yang membuat Dean sering menjerit kesakitan.

Sifat Dean yang tidak suka berinteraksi dengan masyarakat bahkan diperhatikan dan dilirik oleh orang sekitarnya membuat Dean merasa risih. Oleh sebab itu ia memiliki aktivitas yang menyibukkan dirinya sendiri. Sehabis masa pengobatannya Dean sendiri memutuskan untuk tidak tinggal bersama dengan keluarganya. Ia lebih memilih untuk tinggal di kosan. Di tempat tinggal barunya inilah Dean memiliki utopia yang sangat apik. Berbagai nama tokoh rekaan halusinasinya membuat Dean sedikit tenang dan lega menjalani hidupnya. Karena ia tidak akan bertemu lagi dengan obat-obatan yang menggangunya. Kesenangan Dean terhadap Apartemen Waskita, memenuhi rak buku dengan diari Waskita yang menjadi catatan sejarah peristiwa yang terjadi di apartemen Waskita. Lantas seperti apa tokoh rekaannya itu masuk dalam kehidupan Dean? Dan seperti apa kesibukan Dean? Serta sebenarnya foto-foto yang dipajang Dean itu sebenarnya siapa?

Maya Lestasi GF sangat apik sekali dalam membangun konflik novelnya ini. Dunia halusinasi Dean yang mendominasi merupakan persoalan yang sangat rumit. Karena hak Dean sebagai tokoh utama tidak terampas. Kepintaran penulis memainkan alur novel sangat menakjubkan. Betapa tidak, awal dari novel ini sedikit membingungkan bahkan terasa garing dan menimbulkan rasa penasaran. Akan tetapi jika sudah menyelami terlalu dalam, akan membuat pembaca betah. Karena penulis akan memberikan kejutan-kejutan yang terus memacu adrenalin untuk terus mengikuti alur novel ini.

Kejutan-kejutan yang diberikan oleh Maya Lestari GF diinjeksikan ke dalam utopia Dean. Endingnya akan mengungkap siapa sebenarnya Vonie, Ungu Prem, Julian dan keberadaan Apartemen Waskita sendiri. Satu kejutan yang mungkin membuat pembaca terperangah, pertemuan Dean dengan Julian. Esensi yang dihadirkan novel ini memberikan pesan tersirat yang mungkin selama ini terabaikan. Tentunya pembaca ingin tahu sebenarnya apa yang terjadi pada diri Dean? Temukan semuanya di It’s My Soliataire [] Rahmadanil, SMA Semen Padang. Diterbitkan di P’mails edisi 63 Tahun II 26 Nopember-02 Desember 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: