Junior, Mobil Robot Tanpa Sopir

Pesawat ulang alit tanpa awak itu sudah biasa. Bayangkan kalau mobil dikemudikan tanpa sopir. Mungkin itu hanya ada dalam film yang merupakan imajinasi. Ini mengingatkan kita pada mobil KITT dalam serial Knight Rider. Mobil canggih yang dikemudikan tanpa manusia, mampu mengenali jalanan, melewati rintangan. Hebatnya lagi, mobil tersebut mampu melaju dengan kecapatan tinggi. Di tahun 2030 nanti hal itu akan menjadi kenyaatan

Mobil robot yang dibangun berbasis Volkswagen Passat Wagon produksi 2006 ini tengah diuji ketangguhannya. Sejumlah engineer dari Stanford University menamai mobil ini “Junior”. Junior akan mengikuti kompetisi mobil robot The DARPA Urban Challenge pada 3 November 2007 mendatang. Mobil robot ini dilengkapi dengan artificial intelligence (intelegensia buatan). Kepintaran untuk mengorganisir diri, melewati rintangan, melalui persimpangan jalan yang padat, mengenali berbagai jalan, dan mampun berjalan di berbagai medan merupakan nilai plus Junior. Untuk mampu berjalan dalam segala medan dan tak lepas dari kendali komputer baik pada setir, mesin maupun pada rem. Semua dimodifikasi dan terakses ke kompter kendali. Sementara itu, pada bumper mobil ini dipasang sepasang perangkat laser. Laser dilengkapi dengan radar yang menyuplai data kondisi sekitar modil ke komputer sentral agar operator dapat mengetahui posisi mobil berada. Sedangkan laser menyediakan pandangan 360 derjat dengan visualisasi tiga dimensi.

Sementara itu, para insinyur dari Stanford University, memprediksi dengan adanya mobil robot ini akan membantu kekuatan militer. Mobil robot akan menjadi bagian dari peralatan militer yang difungsikan pada tahun 2015 mendatang. Namun, para ahli mobil robot ini mengaku ada kekurangan dari Junior, yaitu memberikan sistem pengenalan layaknya indera manusia. Kesulitan lainnya, mengenali lingkungan yang akan ditinggali, memprediksi apa yang akan terjadi, dan respon cepat bila adanya gangguan. Meskipun demikian, engineer mobil ini tengah mengupayakan pemasangan sejumlah indera pada kendaraan ini.
(Berbagai sumber, Rahmadanil / SMA Semen Padang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s