Kulaitas Individu, Biaya…

Setelah anaknya lulus SMA atau SMK nanti, para orangtua akan memikirkan kemana sang buah hati akan melanjutkan studinya. Orangtua mana yang tak ingin anaknya mengecap pendidikan yang lebih tinggi dengan gelar sarjana. Seperti ibu Nurhayati yang mengajurkan anaknya untuk ikut SPMB, “Ya, anak ibu katanya mau ikut SPMB karena dia ingin terus sekolah.”

Peran orangtua dalam keberhasilan anaknya agar dapat kuliah di perguruan tinggi negeri direalisasikan dengan memilihkan bimbel yang sangat cocok untuk membimbing belajar anak menjelang hari “H”. Ibu Nurhayati memilihkan bimbel yang siap membimbing belajar anak mereka agar sukses SPMB.

Dalam pendidikan tentunya para orangtua ingin memberikan yang terbaik. Ternyata ada orangtua yang punya pilihan PTN mana yang akan dimasuki anaknya. Sudah tentu PTN yang berkualitas dari PTN-PTN yang ada. Jalur alternatif juga sudah dipersiapkan menghadapi segala kemungkinan. Nurhayati, berniat akan memasukan anaknya ke PTN lewat jalur khusus. “Ya, saya bersedia sekali memasukkan anak saya ke PTN lewat jalur khusus asalkan dia bisa kuliah. Sementara itu, Afizalmi lebih memilih anaknya kuliah di PTS jikalau tidak lulus SPMB.

Program D-1 maupun D-3 turut menjadi bagian cadangan. Para ibu-ibu rumahtangga ini sangat bersedia sekali seandainya si buah hati tak kunjung juga mendapat perguruan tinggi, program D-1 dan D-3 adalah pilihan yang tepat dengan harapan si buah hati lekas mendapat pekerjaan Para orangtua ini juga berkomentar, yang membedakan PTN dengn PTS hanyalah menyangkut biaya saja. Namun, kualitas tidak jauh beda dan tergantung masing-masing individu yang menyikapinya.

(Dirangkum oleh Rahmadanil / SMA Semen Padang atas laporan Nulianan Rahayu/ SMAN 2 Pariaman, Rika Erlina/ SMAN 2 Pariaman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: