Rogun, Robot Humanoid Korea: Pengasuh Sekaligus Penjaga

Kemajuan teknologi Korea mulai diperhitungkan. Sukses dengan berbagai produk ponsel dan elektronik lainnya, Korea terus merambah teknologi software. Sebuah perusahaan teknologi Korea tengah memproduksi Robot Humanoid (menyerupai manusia) pertama di Korea. KornTech perusahaan yang menciptakan robot bernama Rogun.

Robot setinggi satu meter ini mampu berjalan dengan dua kaki. Rogun memiliki fungsi yang beragam, salah satunya untuk mengasuh dan menjaga rumah. Rogun dilengkapi dengan dengan software kamera pengenal wajah. Untuk mengaktifkan fungsinya sebagai penjaga rumah, Rogun harus dihubungan dengan ponsel sang empunya. Bagamana kinerja Rogun sebagai penjaga rumah? Bila penyusup memasuki rumah empunya, kamera yang berada di mata Rogun mengirim sinyal ke ponsel pemilik rumah. Sedangkan Rogun sebagai pengasuh senantiasa mengirim laporan keadaan anak-anak tuannya.

Robot Humanoid ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti video di sebuah layar LCD berukuran 7 inci yang melekat di dadanya. Pada kedua kakinya terdapat komputer yang dapat mengakses internet. Rogun dapat difungsikan sebagai ponsel 3G. Pengerjaan robot ini memakan waktu selama dua tahun dan menelan dana sebesar satu juta dolar. Finansial proyek ini berasal dari dana amal negara. Rogun hanya tersedia dalam skala kecil, sesuai dengan pesanan. Harga yang dipatok saat ini sebesar satu juta dollar per unit. Diperkirakan harga ini kian turun seiring dengan tingginya permintaan.
(Berbagai sumber, Rahmadanil / SMA Semen Padang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: