Fosil Sinodelphys szalayi Ungkap Evolusi Mamalia

Blog EntryBerbagai sumber, Rahmadanil

99 persen mamalia yang menghuni bumi ini tergolong ke dalam dua kelompok. Kedua kelompok tersebut yaitu kelompok berplasenta (anak berkembang dalam perut induk) dan marsupial (anak berkembang dalam kantong induk). Akan tetapi, para peneliti belum mengetahui secara pasti kapan percabangan ini terjadi.

Para peneliti tidak menyerah begitu saja. Memanfaatkan fosil Sinodelphys szalayi yang ditemukan di Cina pada tahun 2000, tim peneliti dari Carnegie Museum of Natural History, Pittsburgh dapat mengungkap kapan percabangan tersebut terjadi. Dari hasil penelitian terhadap fosil hewan marsupial ini, diketahui bahwa hewan Sinodelphys szalayi pernah hidup sejak 125 juta tahun lalu. Fosil hewan yang memiliki panjang enam inchi dengan bobot satu ons itu ternyata penemuan penting dalam penentuan kapan percabangan mamalia terjadi. Merujuk pada umur fosil tersebut, tim peneliti memperkiran percabangan tersebut terjadi 125 juta tahun silam.

Ditempat dan tahun yang sama, tim peneliti juga menemukan Eomaia, mamalia berplasenta yang pernah ada. Kedua fosil ini dianggap relevan dengan terjadinya percabangan yang terjadi dimana pada masa itu dinosaurus merajai dunia. Pada masa itu pula mamalia yang mampu bertahan hidup harus merubah bentuk morfologis dan fisiologis. Sinodelphys szalayi memiliki kaki dan tangan dengen pergelangan dan jari-jari yang kuat. Ini membuktikan hewan marsupial mampu memanjat agar terhindar dari predator. Akan tetapi, sejauh ini belum ada sejumlah bukti yang mengungkap mengapa Sinodelphys szalayi memisahkan diri dari kelompok mamalia berplasenta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: