Misteri Makam Ratu Mesir Paling Berpengaruh Terkuak

Blog EntryBerbagai sumber, Rahmadanil

Berakhir sudah pencarian makam Hatshepsut, ratu Mesir yang paling berpengaruh. Pencarian yang dilakukan selama berabad-abad itu akhirnya menemukan titik terang. Penemuan ini dianggap sebagai penemuan yang paling penting sejak ditemukannya makam raja Tutankhamun yang berisikan dua sarkofagus tahun 1922. Mumi Ratu Hatshepsut ditemukan di Makam KV60 di kawasan nekropolis Theban, Lembah Raja-raja di Luxor.

Meski mumi ini ditemukan oleh arkeolog Howard Carter, namun sejarahwan Elizabeth Thomaslah yang membuktikan identitasnya sebagai mumi Hatshepsut. Hal ini disebabkan, sebelumnya munculnya anggapan, mumi tersebut tidak memberikan kontribusi sejarah. Elizabeth Thomas beragumen bahwa dua sarkofagus yang berada dalam makam tersebut salah satunya mumi Hatshepsut. Terlihat dari posisi tangan yang diletakkan di dada, posisi wajib untuk keluarga raja. Sementara itu, mumi yang satu lagi diketahui bernama Sitra, perawat sang ratu.

Petinggi urusan barang antik Mesir, Zahi Hawass mengungkapkan bahwa mumi tersebut telah berusia 3.000 tahun. Dalam pengungkapan identitas sang fir’aun wanita Mesir tersebut bermula dari ditemukannya sebuah kotak yang berisikan gigi bertuliskan nama Hatshepsut. Bukti otentik tersebut dicocokkan dengan bagian gigi Ratu Hatshepsut yang hilang. Gigi Hatshepsut ini juga menjadi bukti kunci untuk membuka misteri kematian sang ratu yang selama ini menjadi teka-teki.

Catatan sejarah Mesir mencatat, Hatshepsut memerintah Mesir pada abad 15 SM. Ia naik tahta setelah mengkudeta raja Thutmosis III, yang merupakan anak tirinya. Hatshepsut juga dipanggil raja meskipun ia seorang ratu, karena ia lebih senang mengenakan pakaian laki-laki dan menggunakan jenggot palsu. Untuk Mengungkap kematian sang ratu tes DNA terus dilakukan hingga hasilnya final. Diduga Hatshepsut mati akibat terserang diabetes dan kanker hati. Karena dendam kesumat yang membara namanya dihapus dari silsilah kerajaan

2 Tanggapan

  1. oh,aku baru denger makamnya ratu mesir baru diketahui,dan aku juga baru tahu bahwaa ratu mesir itu memerintah persis laki-laki.aku pernah bermimpi,tapi tak tahu itu siapa,wanita itu sangat cantik,dan anggun,ia memakai mahkota berbentuk ular kobra yang melingkar,dan ia berkata dalam bahasa yang aku sendiri tidak tahu itu apa,namun ia menunjuk ke sebuah goa di dekat lembah – lembah, dia menunjukan tangannya kearah goa yang mulut gua itu sangat sempit.

  2. wah….mungkin saja itu Cleopatra. Ratu seperti yang saya tulis dalam artikel tersebut, ia menyamar sebagai seorang laki-laki agar dapat memerintah. Barangkali saja, dulunya seorang wanita tidak diperbolehkan memegang tampuk pemerintahan. Sebab masih adanya rumor bahwa wanita itu sangat lemah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: