Bumi Menyusut

Para ahli geodesi dari Bonn, Jerman, melakukan penelitian terhadap diameter bumi yang diyakini lebih kecil dari ukuran sebelumnya. Penelitian ini diyakini akan menyokong penelitian berbagai bidang yang relevan dengan bumi.

Hasil penelitian menunjukkan ukuran bumi lebih kecil 5 milimeter (ukuran bumi saat ini 12.756, 274 kilometer) dari 5 tahun lalu. Meskipun perubahannya kecil, namun sangat memengaruhi perubahan iklim dan pergeseran benua.

Penelitian ini menggunakan sistem transmisi gelombang radio. Gelombang yang dipancarkan akan diterima 70 teleskop radio yang ada di bumi. Karena jarak antar teleskop sangat jauh, pengiriman dan penerimaan gelombang radio setiap teleskop mengalami jeda dua milimeter.

Selain itu, penelitian tersebut juga berpengaruh pada pengukuran kecepatan pergeseran benua. Saat ini data yang ada menginformasikan bahwa benua Eropa dan wilayah Amerika Utara bergeser 18 milimeter setiap tahun. Penelitian para ilmuwan Jerman tersebut belum bisa mengungkap misteri mengapa diameter bumi mengecil. (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: