Fleksibelnya Generator Koin

Baterai yang bisa diisi ulang seperti baterai handphone, MP3, iPod memang fleksibel. Hanya dengan mengisiulang, baterai tersebut sudah bisa digunakan kembali. Proses pengisian ulangannya tentun membutuhkan energi listrik bolak-balik (listrik rumah). Memang enteng, tapi jikalau listrik di rumah bermasalah? Apalagi waktu pemadaman yang cukup lama, padahal kita benar-benar membutuhkan ponsel untuk menjalankan bisnis atau keperluan krusial yang lainnya.

Situasi seperti ini jelas merugikan. Namun, Profesor Zhong Lin Wang dari Institut Teknologi Georgia, AS, menjawab keluhan ini dengan penemuannya. Terobosan yang inovatif dalam dunia elektro. Profesor Zhong Lin Wang dan timnya saat ini tengah mengambangkan generator sebesar koin yang lebih fleksibel.

Listrik yang dihasilkan oleh generator ini berasal dari pengubahan energi mekanik yang berasal dari gelombang elektromagnetik, gerakan tubuh. Generator sebesar koin ini tersusun atas kawat-kawat tipis yang mudah bergetar. Kawat-kawat tersebut bersifat piezoelektrik (menghasilkan arus listrik bolak balik dengan mediator kristal tertentu). Kawat itu ditempelkan pada sebuah pelat. Bila kawat piezoelektrik diberi tekanan mekanis, maka generator tersebut menghasilkan beda tegangan. Beda tegangan sangat berperan sebagai produsen arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan setiap kawat sangat kecil. Bila dikumpulkan relatif besar. Dan setiap satu sentimeter kubik kawat piezoelektrik tersebut menghasilkan arus listrik 4 watt.

Arus sebesar 4 watt ini sudah bisa mengoperasikan peralatan elektronik berukuran kecil. Generator sebesar koin tersebut hanya butuh sedikit tekanan mekanis untuk menggetarkan kawat piezoelektrik. Pembangkit listrik itu bisa ditempelkan pada sepatu, ujung jari bagi pengguna yang sedang mengetik, ke kulit dengan cara mengimplannya dekat pembuluh darah. Tapi, kita harus bersabar menunggu, karena alat ini belum dilemparkan ke pasaran disebabkan masih berbentuk prototip (model asli). (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: