“Pemabuk” dari Mesir

Mungkinkita berasumsi jika kelelawar mengonsumsi ethanol (alkohol) tidak akan memabukkan mereka. Ternyata asumsi itu bisa runtuh. Secara konseptual, kelelawar juga dapat mabuk. Mamalia bersayap ini akan mabuk bila mengonsumsi buah-buahan yang kandungan ethanol-nya tinggi. Berbeda dengan manusia, bila terlalu banyak meminum alkohol akan merusak organ tubuh. Namun, Rousettus aegyptiacus mampu menghindari dirinya dari mabuk, yaitu dengan banyak memakan buah-buahan yang mengadung fruktosa.

Rousettus aegyptiacus, kelelawar Mesir yang doyan mengonsumsi buah tin dan kurma. Buah tin dan kurma memproduksi alkohol ketika sudah matang. Kelelawar yang mengonsumsi buah-buahan ini di luar ambang batas berpotensi untuk mabuk. Secara laboratoris, alkohol yang kadarnya kurang dari satu persen saja dapat memabukan kelelawar Rousettus aegyptiacus. Apalagi alkohol yang satu persen, dapat membahayakan nyawa si penerbang malam ini.

Menangkal diri dari mabuk, Rousettus aegyptiacus hanya memilih buah-buahan yang kadar frukstosanya tinggi. Francicso Sanchez, biolog dari Universitas Ben-Gurion di Israel, beserta koleganya melakukan eksperimen pada Rousettus aegyptiacus. Ekperimen ini dilakukan untuk menguji kebenaran Rousettus aegyptiacus mabuk ketika memakan buah-buahan yang mengandung ethanol dan fungsi fruktosa sebagai reduktor. Eksperimen ini membutuhkan beberapa zat penguji seperti fruktosa, glukosa dan ethanol. Pada tahap awal, Rousettus aegyptiacus diberikan makanan dengan kandungan ethanol kurang dari satu persen. Alhasil, ketika dilakukan uji napas, terbukti bahwa fruktosa mampu mereduksi ethanol dalam tubuh Rousettus aegyptiacus yang nyaris mabuk dibanding sukrosa. Akan tetapi kelelawar lebih menyukai makanan yang mengandung sukrosa dan ethanol dibandingkan dengan makanan yang mengandung fruktosa yang mampu mereduksi alkohol sehingga mereka terhindar dari mabuk. (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: