Al Gore dan Global Warming

al-gore.jpg

ALBERT ARNOLD GORE JR

ALBERT ARNOLD GORE JR atau Al Gore dikenal sebagai mantan wakil presiden Amerika Serikat dan aktivis lingkungan hidup. Pengusaha kelahiran, Washington, D.C, 3 Maret 1948 ini sangat menaruh perhatian pada pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Dua hal ini merupakan masalah sekaligus ancaman besar bagi masyarakat bumi. Yang dampaknya sekarang mulai terasa seperti banjir besar, longsor, dan badai. Kecintaannya akan lingkungan yang menyangkut hajat hidup masyarakat luas membuat mantan wartawan ini gencar melakukan kampanye lingkungan. Pasalnya Gore khawatir dengan kerusakan lingkungan yang semakin parah dan menimbulkan bencana besar bagi manusia. Selama delapan tahun menjabat sebagai wakil presiden, Al Gore selalu mendukung program penyelamatan lingkungan dan pemanasan global.

Baginya masalah lingkungan merupakan agenda perjuangan yang harus diperhatikan secara serius Inilah yang membuat Gore berbeda dari politikus lainnya. Ia mengkampanyekan gerakan peduli pemanasan global lewat berbagai bentuk. Salah satunya dengan membuat buku bertajuk An Inconvenient Truth yang menyoroti perubahan iklim yang signifikan akibat pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang semakin menjadi-jadi.

Tak cukup hanya dengan buku saja, Al Gore berkampanye lewat film dokumenternya yang berdurasi 94 menit. Film yang berjudul An Inconvenient Truth diangkat dari buku berjudul sama. Film tersebut mampu memecahkan rekor, karena pada pemutaran perdanan mampu mencapai pendapatan tertinggi untuk sebuah film dokumenter dan tercatat sebagai film dokumenter terlaris ketiga di dunia sesudah Fahrenheit 9/11 dan March of the Penguins.

Serentetan penghargaan dikantongi Al Gore. Bukunya mendapat penghargaan kesusasteraan dari Quills kategori sejarah, peristiwa terkini dan politik. Tidak itu saja, dalam versi New York Times, An Inconvenient Truth termasuk buku terlaris. Hal yang sama juga terjadi pada film dokumenternya, Gore menerima penghargaan International Emmy Founders Award dan Piala Oscar. Kontribusi dan andilnya yang besar terhadap lingkungan mengantarkan Al Gore meraih Nobel Perdamaian. (Rahmadanil)

4 Tanggapan

  1. Saya nyari vcd/dvd nya di Gramedia kok gak ada ya?

    eh halo salam kenal ya, terdampar disini, dari key word, global warming🙂

  2. Filmnya bagus, tapi nyarinya susah…

    Kapan ya, qt bisa ngundang Al Gore…bwt nyadarin qt semua…

    Sepakat????

    Hehehehehe…..

  3. film al gore tidak ada di Gramedia, coba cari di tempat penjualan DVD di kaki lima, bila anda di jakarta bisa cari di Glodok ato di Ratu Plaza dan Mall Ambasador.. selamat mencari “save the earth indonesia”

  4. kenapa ga ditayangin di tv aja sih?
    makin banyak yg nonton kan jadi makin banyak yang sadar…
    trus kita bisa “save the earth” sama-sama… ^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: