Mag Bukanlah Halangan Untuk Beribadah

illu_stomach.jpg

Lambung

Boleh nggak ya penderita mag atau tukak lambung berpuasa? Umumnya penderita mag kebingungan bila bulan ramadhan datang. Bagaimana akan puasa, padahal lambung mereka tidak boleh kosong. Dan banyak rumor yang beredar, bahwa puasa justru jadi obat mag yang manjur.

Syndrom dyspepsia atau yang lazim disebut mag merupakan penyakit yang inheren pada alat pencernaan seperti lambung dan usus. Gejala-gelaja Anda menderita mag dapat dikenali seperti: nyeri pada lambung, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan nafsu makan berkurang, sakit di bagian perut hingga serasa menusuk ke belakang.

Mag relevam degan pola makan penderita. Pola makan yang tidak teratur (selalu ditunda-tunda) sangat riskan dan rentan menderita mag. Tidak itu saja, mag bisa juga timbul karena stres. Namun ada juga mag yang ditimbulkan oleh bakteri Helicobacter Pylori. Bila Anda menderita gejala seperti yang disebutkan di atas segeralah memeriksakan diri ke dokter, bila dibiarkan akan mengakibatkan pendaharan pada lambung dan usus atau mag kronis.

Dyspepsia terbagi dua berdasarkan gejala dan penyebabnya. Ada yang disebut sebut dengan mag fungsional dan organik. Mag fungsional tidak ada tanda-tanda khusus, penderita mumnya merasakan perutnya perih dan kembung. Mag jenis ini sering diderita masyarakat karena pola makan yang tidak teratur atau sering ditunda-tunda. Tidak itu saja kebiasaan akan camilan berlemak, minum kopi dan minuman bersoda, serta faktor psikis seperti tingkat stres yang tinggi juga bisa menjadi penyebabnya.

Sedangkan mag organik disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylor. Bakteri yang berbentuk yang berbentuk spiral ini 80 % menyebabkan borok pada lambung dan usus. Pylori berkembang biak dalam skala besar bila meminum dan memakan makanan yang tidak bersihBakteri patogen ini mampu bertahan di dalam lambung dan usus besar selama seumur hidup inangnya dan dapat menular. Untuk mengetahuinya harus dilakukan pemerikasaan endoskopi (meneropong saluran pencernaan). Penderita mag tipe ini, pada lambungnya ditemukan banyak luka. Jangan menyepelekan mag jenis ini, sebab bila sudah meradang menyebabkan tumor lambung.

Ada sebagian pendapat menyatakan puasa dapat menyembuhkan mag dan sebaliknya, memperparah mag yang diderita. Kedua pendapat itu ada benarnya juga. Tidak semua penderita mag yang bisa puasa. Umumnya dokter menganjurkan penderita mag fungsional. Sebab puasa dapat menetralisir kadar asam lambung yang mana pada hari-hari biasa cendrung tidak terkontrol. Selama puas lambung beradaptasi selama 3-5 hari. Sehari berpuasa lambung kosong sekitar 13 jam. meskipun demikian suply energi kita masih ada. Itu diambilkan dari cadangan gula yang berupa lemak dan glikogen. Antisid yang biasa digunakan penderita mag ini bisa digantikan dengan puasa.

Pada psinsipnya, puasa tidak dilarang bagi penderita mag organik. Mereka dianjurkan tidak berpuasa mengingat kondisi luka pada lambung. Bila lambung kosong, dikhawatirkan memperparah luka yang ada. Jika penderita tetap ingin berpuasa juga, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. Penderita mag organik yang ingin berpuasa harus ditolong dengan obat antisid (anti asam) sesuai dengan resep dokter. Antisid yang berdasarkan resep dokter tidak diperjualbelikan secara bebas. Antisid ini mampu menetralisir asam lambung selama 12 hingga 24 jam. Sedangkan antisid bebas hanya mampu bekerja selama 6 jam saja.

Penderita mag dapat meminimalisir mag-nya agar tidak kambuh saat puasa maupun tidak dengan memperbaiki pola makan. Hindarilah makanan yang memicu naiknya asam lambung diantaranya makanan yang mengandung gas, berlemak, beralkohol, makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah serta dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis-manis. Tidak saja hidup sehat perlu diimplementasikan seperti latihan fisik yang teratur agat tetap bugar dan disarankan untuk tidur dua jam setelah sahur. (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: