Dwi Prasetiyo: Olahraga Pangkal Cerdas

Dwi Prasetiyo

HUMORIS, pintar dan penuh spirit. Itulah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan Dwi Prasetiyo, buah hati pasangan Suparno, S.T, dan Vidriani, BAc. Peraih juara satu pertandingan bulutangkis Walikota Cup ini sangat ramah dan suka becandaan. Membuat P’Mails yang bertandang ke rumahnya merasa betah berlama-lama. Ia bahkan mempersilahkan P’mails melihat-lihat sejumlah piala dan penghargaan Tio sekeluarga. Jumlahnya banyak banget, lho. Siswa SMP Semen Padang ini punya seabreg prestasi. Dari eksak hingga olahraga. Ketika ditanya apa saja prestasinya, Tio kelihatan agak malu-malu. Bikin penasaran aja. Apa aja sih prestasimu, Tio?“Prestasi Tio yang baru cuma juara umum ketika naik ke kelas tiga,” tutur Tio sambil senyum. Cuma juara umum? idih Tio, bikin kita-kita gak enak hati aja. Trus apa lagi?Hmm, ternyata Tio selalu juara satu dari kelas satu hingga kelas enam. Saking seringnya juara, sampai-sampai Tio dinobatkan sebagai Juara Umum waktu kelas empat. Prestasi ini berlanjut hingga SMP. Apa sih rahasiamu, Tio? “Gak ada rahasia khusus. Pola belajar Tio nyantai aja,” jawab Tio sambil becanda.

Tio bersama Mama (kiri) dan Kakak (kanan). Papa lagi dinas

Ah, yang bener? “Bener,” mamanya yang jawab, “Mama heran juga dengan Tio. Kalau malam, belajarnya cuma sebentar. Apalagi membuat pekerjaan rumah (PR). Tapi yang penting bagi mama ialah kedisplinan.” Ya, kedisplinanlah yang membuat Tio enjoy dengan pola belajarnya yang nyantai. “Waktunya belajar, ya belajar. Apalagi istirahat, ya harus istirahat,” tutur Tio. Trus dengan cara belajar kayak gitu, berapa sih nilai Tio tiap kali ulangan? “Alhamdulillah selalu di atas tujuh,” ucap Tio. Trus, apa lagi rahasia belajar Tio? “Memerhatikan guru saat menerangkan pelajaran,” ujarnya, “itu sangat penting. Sepintar apapun kita, jikalau menyepelekan guru yang sedang menerangkan pelajaran, percayalah, kita akan sulit memahami pelajaran tersebut”. O, gitu ya.. Ngomong-ngomong apa sih pelajaran favorit Tio? “Matematika, fisika dan bahasa inggris,” ujarnya. Penasaran, P’mails mengajak (nguji-nguji neh) Tio speak in english. Hasilnya…. wao, exellence!

Lebih Semangat dengan Olahraga

Terlahir dari keluarga atlet membuat Tio mencintai dunia olahraga. Kalau keluarganya menggeluti dunia voli, golf dan tenis meja , Tio jatuh cinta pada bulutangkis. Kedua orangtua dan kakak Tio yang juga atlet sangat mendukung plihannya. Tio mulai berprestasi di usia sangat belia yakni saat kelas tiga SD. Kedua orangtuanya memberikan kebebasan yang diiringi tanggungjawab pada Tio, juga kedisplinan sebagai kunci sukses. Menurut Tio, olahraga justru membantu perkembangan potensi akademiknya. “Badan sehat, daya ingat pun cepat,” akunya. Memang sejumlah riset membuktikan siswa yang menghabiskan sebagian waktunya dengan berolahraga rata-rata lebih cerdas dari yang tidak berolahraga. Sebab, kegiatan ini menambah semangat dan daya tangkap. Sebagai motivator untuk terus berprestasi Tio membayangkan dirinya minimal sesukses BJ. Habibie. Menghayal gak dilarang kan?

BIODATA TIO

Di depan Piala Prestasi TIO dan Keluarga

Nama Lengkap: Dwi Prasetiyo

Panggilan: TIO

Tempat/ tgl lahir: Padang, 3 Maret 1993

Motto: “Berusahalah berguna bagi diri sendiri dan orang lain.”

Riwayat pendidikan:

SD: Semen Padang II

SMP: Semen Padang

Prestasi akademik:

SD:

  1. Juara I kelas I s/d VI.
  2. Juara umum I SD Semen Padang II dari kelas IV s/d VI.
  3. Juara I Cerdas Cermat tingkat Kecamatan, 2004.
  4. Perserta olimpiade Matematika tingkat Kota Padang, 2004.

SMP:

  1. Juara I dari kelas I s/d II.
  2. Peringkat 65 olimpiade fisika, 2007.
  3. Peringkat 5 olimpiade matematika, 2007.
  4. Peserta olimpiade biologi, 2007.

Piala Lagi Nih...

Prestasi Olahraga:

  1. Juara I Perdini SD se-Sumatera Barat, 2002.
  2. Peringkat 10 besar Se-Indonesia Pordini SD, 2002.
  3. Juara I Pertandingan Milo Cup se-Kotamadya, 2004.
  4. Juara I Porseni SMP se-Kotamadya, 2006.
  5. Juara II Porseni SMP se-Sumatera Barat, 2006.
  6. Juara I Pertandingan Walikota Cup se-Sumatera, 2007. (RAHMADANIL)

Satu Tanggapan

  1. gmN nEcH hUb Na Ma PrImA?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: