Puasa untuk Diabetes Mellitus

selamat-menyambut-ramadhan.jpg

Greating Card for my readers

Marhaban Ya Ramadhan…, ungkapan itulah yang dikumandangkan umat Islam menyambut bulan suci Ramadhan. Sebulan lamanya umat Islam diwajibkan berpuasa. Saat ramadhan, lambung akan kosong lebih kurang selama 13 jam. Perubahan ini menyebabkan tubuh membutuhkan waktu 3-5 hari di minggu pertama Ramadhan untuk beradaptasi.

Nah jika kondisi seperti ini, bolehkan penderita diabetes melitus berpuasa? Diabetes mellitus atau kencing manis ialah kondisi di mana kadar gula darah lebih tinggi daripada biasanya/normal. Ini terjadi karena tubuh resisten terhadap insulin. Akibatnya glukosa yang masuk ke sel-sel terhambat. Penyakit ini diklaim sebagai penyakit seumur hidup dan silent killer (pembunuh darah dingin).

Kenali Gejala dan Jenis

Gejala seseorang menderita diabates mellitus, rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil dengan volume besar, merasa kecapean, penglihatan mulai mengabur (rabun ayam), berat badan menurun, hipoglikemi (peningkatan abnormal kandungan gula dalam darah), dan glaikosuria (urine manis). Ada empat jenis DM (diabetes mellitus). DM jenis pertama berkaitan dengan kadar insulin. Kadar insulin penderita DM jenis ini sangat rendah bahkan nyaris tidak ada. Sebab 90 % sel beta (sel penghasil insulin) mengalami kerusakan permanen. Kerusakan tersebut disebabkan inveksi virus dan gizi pada penderita.

Penderita bergantung pada suntikan insulin sintetik. Umumnya penderita berumur di bawah 30 tahun (anak-anak dan remaja). DM jenis kedua penderita tetap menghasilkan insulin, namun kadarnya lebih tinggi dari normalnya. Penderita dibuat malas melakukan aktivitas fisik dan berolahraga. Ini banyak ditemui pada wanita penderita obesitas sentral (kegemukan pada perut). Dan DM ini bersifat menurun.Pada DM jenis ketiga disebut diabetes kistasional—terjadi pada wanita saat hamil. Akibatnya tumbuh kembang bayi abnormal (tidak normal). Pasalnya kadar insulin bayi cukup tinggi di atas normal, sehingga persalinan dilakukan dengan jalan operasi. Sementara itu DM jenis keempat penyebab inheren dengan obat-obatan atau suatu penyakit.

Awasi Terus

komplikasi_diabetes.jpg

Komplikasi Diabestes

Jangan biarkan kadar gula darah terus meningkat. Sebab hal tersebut akan menimbulkan komplikasi seperti, penyakit jantung, serangan otak (lumpuh dan stroke), kerusakan pada pembuluh darah periperal, buta total, kerusakan ginjal, serta kerusakan saraf lainnya dan impotensi. Penderita harus melakukan beberapa hal agar kadar gula tetap terkontrol yakni, konsultasi ke dokter gizi; untuk menghitung jumlah kalori; mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi; pantau terus kadar gula darah (kadar normal gula darah adalah kurang dari 110 mg/dl); minum obat sesuai dengan resep dokter serta seringlah berolahraga.Kencing manis merupakan penyakit seumur hidup dan tidak dapat disembuhkan. Bolehkah Berpuasa? Tidak ada larangan penderita diabtes mellitus dilarang berpuasa. Asalkan tetap mengontrol pola makanan secara terencana dan ditambah berolahraga. Bagi penderita diabetes mellitus yang membutuhkan obat-obatan sebaiknya periksakan kadar gula darah Anda dibarengi dengan perubahan pola makan, aktivitas fisik, dan perubahan jadwal minum obat seperti dosis pagi diminum ketika berbuka sedangkan dosis sore diminum saat sahur.

suntik_insulin.jpg

Suntik Insulin

Penderita yang membutuhkan suntikan insulin tidak diperbolehkan berpuasa agar kadar gula darah tetap terkontrol. Begitu juga dengan penderita diabetes mellitus komplikasi dengan gagal ginjal dan gagal jantung. Jangan biarkan penderita diabetes mellitus yang masih anak-anak berpuasa Bila penderita tampak gelisah, berkeringat dingin, bingung, gemetar, berdebar-debar, kesemutan pada lidah atau bibir dan penglihatan ganda, itu pertanda penderita mengalami hipoglikemi segeralah berbuka (batalkan). Jika puasanya tetap diteruskan akibatnya penderita pingsan bahkan koma. Kondisi seperti ini perlu intervensi medis untuk menurunkan kadar gula penderita. (Rahmadanil)

2 Tanggapan

  1. Kalo Misalnya berpuasa kelekurangan insulin atau gula, mungkin bisa di suntik insulin, itu bagi yang biasa pakai suntik, kalo suntik kan tidak membatalkan puasa

    tq

  2. Assalamu’alaikum Wr.wr

    Mas, saya izin minta gambar selamat ramadhan untuk di copy ke blog kami

    Terimakasih

    Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: