ISAAC ASIMOV

Isaac "muda" Asimov

TAKada yang tahu, kapan Isaac Asimov dilahirkan. Meskipun demikian, 2 Januari 1920 ditetapkan sebagai tanggal resmi kelahiran Isaac Asimov. Putra pasangan Anna Rachel Berman Asimov dan Judah Asimov ini lahir di Shtetl Petrovichi di Smolensk Oblast, sekarang Rusia. Setelah putra mereka berumur 3 tahun, keluarga Yahudi ini pindah ke Brooklyn, New York.

Sejak berumur lima tahun Isaac Asimov sudah bisa membaca. Ia belajar membaca secara ototidak. Asimov paling gemar membaca majalah fiksi. Sehingga seluruh majalah fiksi yang ada di toko permen orangtuanya dilahapnya. Tidak saja senang membaca karya orang lain, dia juga suka menulis. Kala remaja, sejumlah tulisannya telah dimuat di majalah-majalah fiksi.

Karya anggota Mensa—organisasi orang yang ber-IQ tinggi, yang satu ini umumnya ber-genre fiksi ilmiah dan non fiksi. Marooned Off Vest merupakan karya pertamanya yang terbit saat Asimov berusia 18 tahun. Selang dua tahun kemudian Asimov menerbitkan cerpennya yang ke-32, Nightfall, yang termasuk fiksi ilmiahnya yang terkenal. Tidak hanya cerpen fiksi ilmiah saja, Asimov membuat dua novel serial. Serial fiksi ilmiah Asimov yang terkenal ialah seri Foundation dan Robot. Dalam seri Foundation, Asimov mengambil tema masa depan yang dibaurkan dengan kecanggihan teknologi dan astronomi. Sedangkan dalam I, Robot Asimov menciptakan “Tiga Hukum Robot”.

Isaac Asimov juga menerbitkan karya ilmiahnya. Namun, jumlahnya tak sebanyak karya fiksi yang telah diciptakannya. Asimov menulis sebuah panduan alkitab yang dikenal dengan Asimov’s Guide to the Bible (Panduan Alkitab Asimov). Profesor yang satu ini telah menghasilkan karyanya yang ber-genre humor seperti: Treasury of Humor, Lecherous Limericks, dan Limericks: Too Gross.

Gagal jantung akibat AIDS, merenggut nyawanya. Asimov mangkat pada 6 April 1992. Atas kontribusi dan dedikasinya terhadap sains, ia dijuluki “Penerang Besar” dan namanya diabadikan pada sebuah asteroid, Asteroid 5020 Asimov. (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: