Lady Di

Lady Di

Diana Frances Spencer yang ngetop disapa Putri Diana atau Lady Di, lahir pada 1 Juli 1961, di Park House, Sandringham, Norfolk, Inggris. Putri pasangan Edward Jhon Spencer dan Lady Althorp dikenal sebagai pribadi mandiri dan energik.

Putri Diana mengecap pendidikan pertamanya di Silfied School, King Lynn, Norfolk, kemudian pindah ke Riddlesworth Hall. Di usianya yang ke-16 tahun, Diana menuntut ilmu di Institut Alpin Videmantte. Studinya diselesaikan di Rougmont, Switzerland.

Diana dikenal jago renang dan menyelam. Ia juga mandiri. Saat remaja Diana memilih hidup sendiri di apartemen, di kawasan Coleherne, Earls Court Area hingga tahun 1981. Meskipun berasal dari keluarga bangsawan, untuk memenuhi kebutuhannya Diana tak malu bekerja paruh waktu. Ia tak terlalu selektif terhadap pekerjaan. Profesi dari pelayan hingga asisten taman kanak-kanak pernah dilakoninya.

Diana menikah dengan Pangeran Charles tahun 1981, digelari Princess of Wales. Sejak saat itu, kepeduliannya pada kemanusiaan meningkat. Ia menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk melakukan hal serupa.

Ia mampu mengubah asumsi publik terhadap ODHA (orang dengan HIV dan AIDS). Diana membuktikan ke publik, ODHA tak perlu didiskriminasi. Diana tidak segan-segan berjabat tangan dengan ODHA tanpa harus memakai sarung tangan. Ia juga meresmikan bangsal rumah sakit khusus AIDS pertama di Inggris. Permasalahan ranjau darat di Bosnia turut menjadi sorotannya. Diana mengampanyekan gerakan anti ranjau darat yang telah menelan banyak korban terutama anak-anak.Sisi kehidupan sosial Diana itulah yang mengundang kekaguman dan simpati dunia pada Diana.

Diana meninggal tanggal 31 Agustus 1997, dalam sebuah kecelakaan. Marcedes Bentz S280 yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di terowongan The Pont d’ Alma, Paris. Diana dimakamkan di Althorps Park dekat makam keluarganya. Mengenang 10 tahun kematian Diana, Agustus kemarin, putranya pangeran William dan Harry menggelar konser. Para simpatisan mengirimkan karangan bunga, kartu ucapan, dan lain-lain pada peringatan itu. (Rahmadanil)

Satu Tanggapan

  1. Aku rasa putri diana dibunuh ileh ayah carmile seperti ia pernah mencoba membunuh putri diana tapi gagal dan suami temannya malah yang terbunuh dalam kecelakaan tersebut. Ia dibunuh karena popularitasnya yang mana menyebabkan putrinya carmile tidak dapat menikah dengan pangeran charles
    aku rasa sopir ysng mengangkut putri diana sengaja dibuat mabuk oleh ayah carmile. Itu saja comment dari saya. Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: