Detektor kebohongan

detektor-bohong.jpg

Mendeteksi kebohongan pada seseorang terbilang rumit. Sebab banyak kesulitan yang ditemui terutama memvisualisasikan kebohongan. Pembohong bisa saja mengatakan dirinya tidak berbohong karena bisa melakukan manipulasi pada ekspresi wajah.

Solusi demi solusi ditemukan. Diantaranya ditemukannya detektor bohong konvesional yang disebut polygraph. Prinsip kerja alat ini berdasarkan laju pernafasan, tekanan darah, dan keluarnya keringat untuk mengetahui apakah seseorang berbohong. Akan tetapi Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS mengkalim prinsip kerja polygraph dapat dimanipulasi dengan latihan fisik sehingga akurasi polygraph sulit diterima.

Sementara itu salah satu perusahaan elektronik milik Korea menciptakan detektor dusta yang dinamakan Handy Truster Emotion Reader. Prinsip kerjanya dengan melihat warna suara yang diberasal dari frekuensi nada suara subjek. Kekuratan Handy Truster Emotion Reader hanya 85 %.

Kali ini dari Indonesia, seorang pelajar PENS-ITS menciptakan detektor kebohongan dengan modal yang relatif murah. Cukup bermodal laptop atau komputer, webcam yang telah dimodifikasi dan software Pemograman Visual Basic 6.0. Prinsip perangkat itu berpatokan pada pupil mata subjek.

Bagaimana mekanisme alat tersebut? Untuk menjalankan program ini komputer harus terinstall software Visual Basic 6.0. Kemudian webcam yang dikelilingi infrared disambungkan ke port USB komputer. Scanner tersebut dijepitkan pada pada topi yang posisinya tepat di depan mata. Kamera melakukan thresholding yang memisahkan bagian mata dengan pupil. Jika proses tersebut selesai, saatnya menghitung luas pupil mata dengan cara menghitung titik hitam pada frame. Barulah dilakukan penghitungan diameter pupil dengan rumus lingkaran biasa.

elanjutnya setiap perubahan ukuran pupil mata, visualnya ditampilkan dilayar berbentuk grafik. Nah, sekarang melakukan eksekusi ke subjek dengan mengajukan pertanyaan. Kalau subjek berbohong akan terlihat perubahan diamater pupil mata lewat grafik. (Rahmadanil)

Satu Tanggapan

  1. kalu boleh tau alat ini harganya berapa ya.dan bisa di beli dmn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: