Kamu Juga Bisa Hemat

reksa.jpgKamu-kamu yang biasa dapet uang saku bulanan terkadang kesulitan ngelolanya. Kadang-kadang minus, ya terpaksa minta lagi. Kalau keseringan pastinya diomelin dong, “Dikemanain tuh duit belum sebulan udah habis.” Duh gimana dong solusinya? Kalau gitu, coba deh tips-tips berikut:

Hitung uang di depan ortu saat menerimanya. Bila ada kekurangan bisa diatasi, tapi kalau lebih jangan didiemin aja, bersikaplah yang jujur.

Buat anggaran kebutuhan. Rancang sedemikian rupa anggaran belanjamu, yang peting jangan sampai minus. Buat aggaran sebijaksana mungkin, prioritaskan seperti transpor, jajan, atau uang kas. Sesekali selipkan anggaran uang refreshing.

Pisahkan menurut anggaran. Supaya nggak pusing bin nyampur, pisahkanlah uang tersebut sesuai dengan anggaran dan masukkan ke dalam amplop.

Simpan di tempat yang aman. Simpam amplop-amplop tersebut di tempat yang aman, kalau tidak bisa-bisa kamu nangis bombai kecolongan uang. So, pastinya di tempat yang nggak kejangkau oranglain kecuali kamu. Ingat, jangan lupa brankas kalau tak ingin angis bombai.

Koreksi keuangan. Jangan sampai uang sakumu hilang tak berbekas. Catet semua pengeluaran maupun pemasukan. Seberapa besar pengeluaran dan kalaupun ada rejeki nomplok atau honor kamu ngajar les dan sebagainya ikut dicatet juga.

Berwirausaha solusi jitu kanker. Yahh, ini salah satu cara menambah uang sakumu. Banyak cara mencari tambahan uang saku seperti jualan souvenir unik sesama teman sekolah, jasa ketikan tugas, nulis di majalah dan yang pastinya gak ganggu belajarmu.

Jajan jangan belebihan. Belanjakan uang sakumu sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Tahan dulu keinginan yang tidak mendesak. Salah satu strategi ngirit bawa bekal ke sekolah, hemat, kenyang dan terjamin kesehatannya. Hitung-hitung berpahal, kamu bisa puasa Senin Kamis.

Nabung, oke juga tuh. Kalau bawa bekal, kamu bisa nabung. Lumayankan buat persiapan masa depan. Paling nggak bantu bonyok beli buku, peralatan sekolah lainnya. Minimal buat beli sesuatu yang kamu suka. Well, rasakan manfaatnya. (Rahmadanil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: