Kuapku Ada Karena Kuapmu

Baby menguap

Anakku sayang menguap

Hoahm….Yang satu ini tidak seorang pun mampu menahannya. Menguap. Ya, gerakan refleks ini sering terjadi ketika seseorang mulai mengantuk. Uniknya, menguap dapat merangsang orang lain disekitarnya ikut menguap setelah beberapa saat. Bahkan ada yang mengatakan, 55 % orang yang melihat orang lain menguap, lima menit kemudian orang tersebut ikut menguap. Wah. Kok bisa ya.

Baca lebih lanjut

Kamu Juga Bisa Hemat

reksa.jpgKamu-kamu yang biasa dapet uang saku bulanan terkadang kesulitan ngelolanya. Kadang-kadang minus, ya terpaksa minta lagi. Kalau keseringan pastinya diomelin dong, “Dikemanain tuh duit belum sebulan udah habis.” Duh gimana dong solusinya? Kalau gitu, coba deh tips-tips berikut:

Hitung uang di depan ortu saat menerimanya. Bila ada kekurangan bisa diatasi, tapi kalau lebih jangan didiemin aja, bersikaplah yang jujur.

Baca lebih lanjut

Detektor kebohongan

detektor-bohong.jpg

Mendeteksi kebohongan pada seseorang terbilang rumit. Sebab banyak kesulitan yang ditemui terutama memvisualisasikan kebohongan. Pembohong bisa saja mengatakan dirinya tidak berbohong karena bisa melakukan manipulasi pada ekspresi wajah.

Baca lebih lanjut

Sinkroton intan, membaca naskah tertutup

papyrus.gif

Perkamen

Masyarakat mengenal perkamen sejak tahun 500 SM sebagai media untuk menuliskan naskah-naskah penting maupun kitab suci. Namun, teks pada perkamen mudah rusak, sebab tintanya bersifat seperti gelatin. Bila perkamen diletakkan di ruangan bersuhu panas, gelatin mengering sehingga teks yang ada bisa hilang. Jika ditaruh di ruangan bersuhu dingin, gelatin mengenyal, membuat perkamen robek.

Baca lebih lanjut

Kunci Rahasia Lansia Berpuasa, Hindari Santan!

"Senior"

"Senior"

Umur sering menjadi kendala melaksanakan ibadah, salah satunya berpuasa. Realitanya pada mereka yang berusia lanjut (lansia) berpuasa hanya kenangan di masa muda. Namun, ‘senior’ ini ada juga kekeh melaksanakan ibadah wajib bagi setiap Islam. Meskipun Islam sendiri mentoleril bila tak mampu mengerjakannya, boleh digantikan dengan membayar fidiyah.

Hasil survei Poliklinik Geritri RSCM bulan Agustus 2007 lalu terhadap lansia berumur 64-83 tahun menunjukkan, 91 persen lansia bertekad tetap berpuasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Delapan puluh persen lansia mengaku berpuasa sebulan penuh, hanya 20 persen saja menyatakan tidak berpuasa sebulan penuh. Dengan semakin menuanya para lansia, kondisi fungsi organ tubuh ‘senior’ pun mulai mengalami kemunduran. Kala berpuasa lansia acapkali mederita hipoglikimia. Ini terjadi saat lansia terlalu banyak beraktivitas, bahkan menurunnya fungsi ginjal tidak dirasakan.

Baca lebih lanjut

Rahasi Bakteri Panjang Umur

Bakteri mampu hidup dalam suhu -0 oC

Makhluk mikroskopik yang pernah hidup 600.000 tahun silam ternyata masih hidup hingga sekarang. Renik yang mampu bertahan hidup di lingkungan keras itu ditemukan pada lapisan es wilayah timur laut Siberia, barat laut Kanada, maupun Antartika.

Baca lebih lanjut

Gerhana Bulan Dapat Timbulkan Bencana

Tidak saja sebagai fenomena alam yang indah, ternyata gerhana bulan berpotensi menimbulkan gejala alam lainnya. Secara general, gerhana bulan memengaruhi gravitasi bumi. Gravitasi bumi mengalami penurunan maksimum kemudian peningkatan menuju normal kembali. Sementara itu, fenomena alam tersebut juga memengaruhi parameter bumi yang berimbas pada sifat magnetik bumi (geomagnet), sifat listrik (geolistrik) dan gaya berat bumi.

Baca lebih lanjut